Sabtu, 13 Februari 2010

H. MODEL PENGAJARAN

H. MODEL PENGAJARAN

  1. Penyambutan Awal

Ustadzah /guru menyambut setiap kedatangan siswa dan membimbing mereka untuk menyimpan tas, melepas sepatu, serta meletakkan perlengkapan sekolah lainnya.

  1. Pengondisian Anak

Untuk melalui aktifitas dan melepas anak dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah, semua anak diharuskan mengikuti exercise yakni melakuakn gerakan-gerakan ringan (gerakan dan lagu), menyanyi, berdo’a dan bercakap-cakap

  1. Waktu Bermain Terpimpin

Adalah anak belajar sambil bermain yang kegiatannya direncanakan oleh guru sesuai SKH. Anak direspon untuk mengeluarkan ide, imajenatif, kreatif, kemampuan kemandirian dan motoriknya. Kegiatan ini antara lain: mewarnai, menempel, melukis mengelompokkan warna.

  1. Waktu Bermain Bebas

Anak diberikan kebebasan untuk memilih kegiatan di dalam ruangan (Play Groun) , guru terus mengawasi, membimbing, memberi motifasi dam mengobserfasi perkembangan anak.

  1. Latihan Ibadah

Pada kegiatan ini anak dilatih untuk mengikuti gerakan ibadah yang diajarkan oleh ustadzah manasik, wudlu, sholat dua rokaat, dzikir dersama, dan hafalan asm’ul husna. Anak juga diajak untuk belajar mengenal beberapa huruf hija’iyah (mengaji)

  1. Komputer kids

Sebagi materi penunjang yakni membenatu anak adalam perkembangan aspek kemampuan dasar dan membantu anak adalam melatih mengkoordinasikan gerkan jari tangan dan penglihatan. Materi yang diberikan disesuaikan dengan tema-tema yang diajarkan di kelas sesuai dengan kurikulum Pembelajaran PAUD Al-AMIN.

  1. Bahas Arab dan Bahasa Inggris

Mengenalkan kepada anak selain Bahas Indonesia juga dikenalkan beberapa kosakata dalam bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Jawa, diharapkan dapat merangsang kecerdasan Linguistik anak dan sebagai bekal masa depan anak dalam merinteraksi dengan dunia Internasional. Pendekatan yang dilakukan melalui pembiasaan lagu-lagu yang menarik dan disertai gerakan-gerakan yang memudahkan untuk mengingat dan menghafal.

  1. Waktu Makan

Makan Kue setiap Senin

Makan Nasi, sayur dan lauk di hari Kamis

Sesaat sebelum istirahat atau bermain bebas, anak-anak berkumpul untuk makan dan minum bersama yang telah disiapkan oleh orang tua masing-masing. Sebelum makan dan minum anak-anak dibiasakan untuk cuci tangan, mengelap tangan dan berdo’a sebelum makan. Dalam makan juga dikenalkan akhlaq makan dan bembelajaran tentang makan yang halalan toyyiban. Setelah makan Bersama anak juga dikenalkan dengan gosok gigi dengan melakukan gosok gigi.

  1. Pengkondisian Pulang

- Guru membimbing dengan membantu anak untuk berkemas

- Remidi anya jawab dan bernyanyi serta do’a bersama (do’a setelah makan, Surat Al-Ashr, keluar ruangan dan naik kendaraan.

- Anak-anak berbaris di depan kelas dan bersalaman dengan guru,

- Guru mengantar anak sampai depan kelas dan mengamati anak sampai di jemput oleh orang tua.

  1. Laporan Penilaian Perkembnagan Anak

- Melalui buku rapot.

- Koonsultasi langsung dengan guru kelas di luar KBM atau sesuai kesepakatan guru dan wali murid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar