III. KURIKULUM DAN MUATAN KTSP PAUD AL-AMIN
A. Spesifikasi Siswa
1. Memenuhi persyaratan umur minimal 2,5 tahun.
2. Mendapatkan dukungan dari wali murid
3. Tidak memiliki penyakit yang berbahaya dan menular
B. Spesifikasi Pengajar
1. Mampu membaca Al-Qur’an secara tartil
2. Mampu berbahasa Arab pasif
3. Mampu berbahasa Inggris pasif.
4. Mempunyai kepribadian berakhlaqul karimah
5. Bebas Narkoba
6. Memiliki jiwa sayang pada anak
7. Mampu sebagai figur teladan
8. Tidak memiliki penyakit yang berbahaya dan menular
C. Keunggulan PAUD AL-AMIN
1. Pendidikan terpadu antara pendidikan Islam dan Umum untuk menghadapi perkembangan zaman
2. Dapat mengurangi pengaruh negatif dari luar.
3. Membina bakat dan minat anak didik semenjak dini.
4. Dibimbing dan dituntun untuk menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah islamiah.
D. KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)
Waktu | Kegiatan |
07.30 – 07.50 | Selamat datang dan Senam |
07.50 – 08.10 | Salam dan Do’a akan belajar |
08.10 – 08.45 | Materi pagi dan hafalan surat pendek |
08.45 – 09.00 | Makan / Istirahat |
09.00 – 09.20 | Masuk Sentra |
09.20 – 09.30 | Persiapan pulang dan do’a |
Keterangan :
Untuk materi pagi :
1. Setiap hari kamis Minggu 1 dan 3 cerita tentang akhlaq
2. Hari Kamis Minggu ke 2 Kaligrafi
3. Hari Kamis Minggu terakhir praktik Sholat
E. Tata Tertib Siswa PAUD AL-AMIN
1. Memakai seragam sekolah yang telah ditentukan oleh pihak sekolah
2. Hari Jum’at, Sabtu, Minggu Libur.
3. Siswa tidak diperkenankan membawa makanan / jajan sebelum memasuki area sekolah.
4. Murid tidak diperkenankan membawa minuman, uang jajan, dan membeli jajan pada saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar.)
5. Siswa tidak diperkenankan memakai perhiasan, kecuali anting-anti bagi siswa puteri.
6. Siswa yang tidak masuk sekolah wajib memberitahukan kepada pihak sekolah .
F. STANDART KOMPRTENSI PAUD AL-AMIN
Standart kompetensi PAUD ini terdiri dari 6 aspek pengembangan, seluruh pengembangan ini akan didasari oleh AL-Qur’an dan Al-Hadits yaitu:
1. Pengembangan Moral dan Nilai Agama
Meliputi pembiasaan Perilaku positif sesuai dengan Aqidah Akhlaqul karimah, Penanaman Kemandirian dan Disiplin serta pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ). Yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadits
2. Pengembangan Sosial Emosional
Meliputi pengembangan Perasaan dan Emosi serta pengembangan Kemampuan Sosial / Sosialisasi untuk peningkatan kepekaan terhadap kehidupan bermasyarakat.
3. Pengembangan Bahasa
Meliputi pengembangan Bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dan pasif dengan lingkungan. Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab.
4. Pengembangan Kognitif
Meliputi pengembangan Matematika Permulaan dan Sains Permulaan.
5. Pengembangan Seni / Keterampialan
Meliputi pengembangan membuat keterampilan karya kreatif (kerajinan tangan).
6. Pengembangan Fisik Motorik
Meliputi pengembangan Motorik Halus (fine motor) dan Motorik Kasar (gross motor) untuk pertumbuhan dan kesehatan anak.
Setiap Program Pengembangan tersebut di atas (6 Aspek Pengembangan) terdiri beberapa indikator kemampuan dasar yang ingin dicapai. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya, setiap kemampuan dasar yang diajarkan dikaitkan dengan Tema yang berlaku untuk waktu tertentu. Tema ini kemudian dijabarkan menjadi tema yang lebih khusus atau lebih spesifik (Sub Tema).
Sub Tema dipilih dan ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama tim guru PAUD AL - AMIN dengan memperhatikan lingkungan anak, kesukaan dan minat belajar anak serta disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar sekolah.
Tujuan penggunaan Tema adalah agar kegiatan belajar yang diciptakan dapat lebih bermakna (meaning full), menarik dan menyenangkan (fun & enjoyfull) serta dapat memperkaya pengalaman serta perbendaharaan kata anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar