Sabtu, 13 Februari 2010

III. KURIKULUM DAN MUATAN KTSP PAUD AL-AMIN

III. KURIKULUM DAN MUATAN KTSP PAUD AL-AMIN

A. Spesifikasi Siswa

1. Memenuhi persyaratan umur minimal 2,5 tahun.

2. Mendapatkan dukungan dari wali murid

3. Tidak memiliki penyakit yang berbahaya dan menular

B. Spesifikasi Pengajar

1. Mampu membaca Al-Qur’an secara tartil

2. Mampu berbahasa Arab pasif

3. Mampu berbahasa Inggris pasif.

4. Mempunyai kepribadian berakhlaqul karimah

5. Bebas Narkoba

6. Memiliki jiwa sayang pada anak

7. Mampu sebagai figur teladan

8. Tidak memiliki penyakit yang berbahaya dan menular

C. Keunggulan PAUD AL-AMIN

1. Pendidikan terpadu antara pendidikan Islam dan Umum untuk menghadapi perkembangan zaman

2. Dapat mengurangi pengaruh negatif dari luar.

3. Membina bakat dan minat anak didik semenjak dini.

4. Dibimbing dan dituntun untuk menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah islamiah.

D. KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

Waktu

Kegiatan

07.30 – 07.50

Selamat datang dan Senam

07.50 – 08.10

Salam dan Do’a akan belajar

08.10 – 08.45

Materi pagi dan hafalan surat pendek

08.45 – 09.00

Makan / Istirahat

09.00 – 09.20

Masuk Sentra

09.20 – 09.30

Persiapan pulang dan do’a

Keterangan :

Untuk materi pagi :

1. Setiap hari kamis Minggu 1 dan 3 cerita tentang akhlaq

2. Hari Kamis Minggu ke 2 Kaligrafi

3. Hari Kamis Minggu terakhir praktik Sholat

E. Tata Tertib Siswa PAUD AL-AMIN

1. Memakai seragam sekolah yang telah ditentukan oleh pihak sekolah

2. Hari Jum’at, Sabtu, Minggu Libur.

3. Siswa tidak diperkenankan membawa makanan / jajan sebelum memasuki area sekolah.

4. Murid tidak diperkenankan membawa minuman, uang jajan, dan membeli jajan pada saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar.)

5. Siswa tidak diperkenankan memakai perhiasan, kecuali anting-anti bagi siswa puteri.

6. Siswa yang tidak masuk sekolah wajib memberitahukan kepada pihak sekolah .

F. STANDART KOMPRTENSI PAUD AL-AMIN

Standart kompetensi PAUD ini terdiri dari 6 aspek pengembangan, seluruh pengembangan ini akan didasari oleh AL-Qur’an dan Al-Hadits yaitu:

1. Pengembangan Moral dan Nilai Agama

Meliputi pembiasaan Perilaku positif sesuai dengan Aqidah Akhlaqul karimah, Penanaman Kemandirian dan Disiplin serta pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan (IMTAQ). Yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Hadits

2. Pengembangan Sosial Emosional

Meliputi pengembangan Perasaan dan Emosi serta pengembangan Kemampuan Sosial / Sosialisasi untuk peningkatan kepekaan terhadap kehidupan bermasyarakat.

3. Pengembangan Bahasa

Meliputi pengembangan Bahasa agar anak mampu berkomunikasi secara aktif dan pasif dengan lingkungan. Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab.

4. Pengembangan Kognitif

Meliputi pengembangan Matematika Permulaan dan Sains Permulaan.

5. Pengembangan Seni / Keterampialan

Meliputi pengembangan membuat keterampilan karya kreatif (kerajinan tangan).

6. Pengembangan Fisik Motorik

Meliputi pengembangan Motorik Halus (fine motor) dan Motorik Kasar (gross motor) untuk pertumbuhan dan kesehatan anak.

Setiap Program Pengembangan tersebut di atas (6 Aspek Pengembangan) terdiri beberapa indikator kemampuan dasar yang ingin dicapai. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajarannya, setiap kemampuan dasar yang diajarkan dikaitkan dengan Tema yang berlaku untuk waktu tertentu. Tema ini kemudian dijabarkan menjadi tema yang lebih khusus atau lebih spesifik (Sub Tema).

Sub Tema dipilih dan ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama tim guru PAUD AL - AMIN dengan memperhatikan lingkungan anak, kesukaan dan minat belajar anak serta disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas belajar sekolah.

Tujuan penggunaan Tema adalah agar kegiatan belajar yang diciptakan dapat lebih bermakna (meaning full), menarik dan menyenangkan (fun & enjoyfull) serta dapat memperkaya pengalaman serta perbendaharaan kata anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar